Selasa, 29 Juni 2010

Index Pencarian Baru Google, Caffeine

Baru baru saya browsing dan menemukan berita kalau index pencarian Google telah diganti dengan sistem indeks pencarian baru mereka yang sudah diuji selama satu tahun, namanya adalah Caffeine(kok kayak nama kopi yah).

Google mengatakan dalam blognya kalau Caffeine menyediakan 50 persen pencarian yang lebih fresh ketimbang index pencarian mereka yang lama dan pencarian yang dilakukan tidak hanya dari portal berita namun juga dari blog blog,forum serta pengguna bisa mendapatkan konten relevan yang terbaru.

Sistem index Google yang lama, mempunyai beberapa layer yang dimana ada beberapa layer yang diperbaharui dengan cepat daripada yang lainnya, sedangkan tingkatan utama diperbaharui setiap beberapa minggu sekali. Untuk memperbaharui layer pada indeks yang lama google harus menganalisa seluruh web, yang mana akan ada penundaan yang signifikan ketika Google sudah mendapatkan halaman konten dan menyajikannya kepada kita.

Dengan Caffeine, Google menganalisa halaman web dalam porsi yang kecil dan memperbaharui index pencariannya secara berkesinambungan. Segera ketika Google sudah menemukan halaman baru atau informasi baru dalam sebuah halaman web, Google akan menambahkannya dalam index pencarian mereka yang berarti kita bisa mendapatkan informasi yang lebih up to date.

Caffeine membiarkan kita mengindex halaman web dalam ukuran yang besar, setiap detik Caffeine mampu memproses ratusan hingga ribuan halaman secara pararel. Caffeine membutuhkan 100 juta Gigabyte storage dalam satu database dan menambahkan infromasi baru perharinya sekitar ribuan atau ratusan gigabyte per hari.

1 komentar:

SIlahkan Komentar yah Gan